Kamis, 2 April 2020
Pencarian
gambar/sosialisasi ZI.jpg

“ZI” SYARAT MUTLAK PERADILAN MODERN

20 Februari 2020

        Masih di sela-sela kegiatan Rapat Kerja Daerah di Swiss Bellin Hotel Kupang, Kamis 20 Februari 2020 dilaksanakan sosialisasi Zona Integritas dengan Nara Sumber Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, Decky A.S. Nitbani, S.H., M.H. Pengadilan Negeri Oelamasi merupakan satu-satunya satuan kerja di bawah Mahkamah Agung RI di daerah Nusa Tenggara Timur yang lolos dalam penilaian Zona Integritas tahun 2019 dan mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi.

        Menurut  Ketua PN Oelamasi Decky A.S. Nitbani, pembangunan Zona Integritas bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dalam perjalanannya menuntut banyak hal dan pengorbanan baik tenaga, waktu dan biaya. Namun sebelum semuanya itu berjalan, ada sebuah hal besar yang paling dasar yang menjadi syarat utama kesemuanya bisa berjalan sesuai yang direncanakan yaitu mindset, culturset dan komitmen. Empat pilar pimpinan pengadilan harus mempunyai visi dan misi yang salam. Harus mempunyai tujuan (goal) yang sama sehingga langkah selanjutnya akan lebih muadah untuk dilaksanakan. Selain pimpinan, tim yang berada di bawahnya juga harus kompak, memiliki komitmen serta berintegritas untuk dapat memberikan dukungan secara penuh kepada pimpinan.

         Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa sebelum mengubah mindset personilnya pimpinan harus tahu apa yang menjadi goal yang diiginkan. Disamping itu pimpinan juga harus mampu untuk melihat potensi masing-masing personilnya agar penempatannya dalam tim memberikan kontribusi yang maksimal. Seorang pemimpin juga dituntut untuk mampu melihat dan memetakan potensi risiko serta kelemahan yang ada di satuan kerjanya sehingga dapat mengelolanya agar tidak menjadi hambatan kelak. Juga harus mampu melihat kekuatan dan peluang yang dimiliki satuan kerja untuk dapat dimaksimalkan pemanfaatannya dalam mencapai tujuan.

        Dalam era  modern 4.0 keberadaan teknologi juga merupakan hal yang mutlak diperlukan. Di era sekarang ini, teknologi berkembang sangat cepat. Untuk dapat mensosialisasikan tentang satuan kerja serta layanan yang diberikan dapat kita lakukan secara besar-besaran melalui pemanfaatan media sosial. Dengan teknologi pula kita dapat menelurkan inovasi-inovasi yang dapat mendukung kinerja pelayanan kita yakni dalam bidang hukum kepada masyarakat. Layanan yang kita berikan pada masyarakat tidak boleh manipulatif, serta kita harus mampu untuk mengembangkan ide-ide sehingga bisa menjangkau kepada penerima layanan.

         Sebagai akhir dari sosialisasinya, Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi menyampaikan bahwa jangan pernah menyerah pada kondisi dan situasi. Apapun tantangan yang ada di depan, pasti ada jalan keluar. Asalkan kita mampu memberikan bukti konkrit serta kinerja yang mumpuni. Kekompakkan agar tetap dijaga, karena perbedaan visi sama saja dengan kalah sebelum bertanding.

Alamat Kantor

Jln. Perintis Kemerdekaan Oebobo - Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Telpon/Fax : 0380 827611
Email : ptakupang@yahoo.co.id

DENAH LOKASI KANTOR

Statistik Pengunjung

Hari ini : 591

Kemarin : 622

Minggu ini : 4.324

Bulan ini : 1.214

Total : 2.732.145

IP-Address Anda : 3.226.243.36 United States

Jam Kerja

DASAR HUKUM KMA
Nomor : 071/KMA/SK/V/2008
PERMA Nomor 07 Tahun 2016
Hari Masuk Pulang Istirahat
Senin s/d Kamis 08.00 WITA 16.30 WITA 12.00 s/d 13.00 WITA
Jum'ad 08.00 WITA 17.00 WITA 11.30 s/d 13.00 WITA
Copyright PTA NUSA TENGGARA TIMUR