12 September 2023
Bertempat di Aula kantor Pengadilan Tinggi Agama Kupang telah dilaksanakan kegiatan rutin bulanan dalam rangka untuk menjaga serta meningkatkan kualitas aparatur pegawai yakni rapat monitoring dan evaluasi kinerja pegawai Pengadilan Tinggi Agama Kupang untuk bulan Agustus 2023. Rapat yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang, bapak Drs. Ilham Abdullah., S.H., M.Kn tersebut diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional serta Struktural dan seluruh pegawai.
Acara tersebut dimulai dengan pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang yang dilanjutkan pula pembinaan oleh Wakil Ketua. Terdapat beberapa hal yang disampaikan oleh Bapak Drs. Ilham Abdullah., S.H., M.Kn yakni antara lain persiapan-persiapan yang akan dilaksanakan dalam rangka penyambutan Hakim Agung Bapak Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H. yang akan melaksanakan pembinaan di PA Kupang dan sebagai narasumber pada acara MoU dengan Kemenkumham Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara dan mengenai capaian perkara yang telah diselesaikan hingga bulan Agustus serta kepada Bapak-bapak Hakim Tinggi selaku pengawas daerah untuk dapat memonitor pelaksanaan Aanggaran Bantuan Tambahan yang diperoleh beberapa satuan kerja agar anggaran yang didapat terserap dengan baik. Bapak Drs. Arifin, M.H juga selaku Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang juga menyampaikan beberapa hal terkait padatnya kegiatan perkantoran dalam minggu ini antara lain pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Hakim Tinggi yang baru serta pelaksanaan MoU dengan Kemenkumham Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara serta beberapa hal terkait pelaksanaan penilaian SAKIP oleh Bawas untuk dapat segera ditindaklanjuti setiap bagian dan SAKIP di seluruh Pengadilan Agama se wilayah NTT yang telah dilaksanakan evaluasi oleh tim evaluator dari PTA untuk dapat diselesaikan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
Acara kemudian dilanjutkan lagi dengan penyampaian laporan target serta pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh bagian Kepaniteraan maupun Kesekretariatan. Adapun pemaparan pelaksanaan kinerja untuk bulan Agustus dan target kinerja Bagian Kesekretariatan antara lain sebagai berikut :
A. Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi.
1. Laporan disipilin hakim bulan Agustus 2023 sudah dilaporkan
2. Rekapitulasi daftar hadir dan pulang bulan Agustus 2023 sudah dilakukan untuk pengajuan uang makan Agustus dan tunjangan kinerja bulan September 2023 sudah dilaporkan
3. Rekapitulasi PCK dan daftar hadir dan pulang Pegawai bulan Agustus 2023 sudah dilakukan untuk pengajuan tunjangan kinerja bulan September 2023 sudah dilaporkan
4. Rekap Presensi SIKEP satker PA se NTT bulan Agustus 2023 sudah dilaporkan
5. Proses Pengusulan pensiun An. Drs. Ilham Abdullah dan Dra. Ummi Kalsum pada Aplikasi SIASN BKN (menunggu Pertek dan proses pengusulan penerbitan SK Pensiun)
6. Pembaharuan SK Pada bulan agustus 2023
7. Proses Kenaikan Gaji berkala pegawai PTA Kupang Periode Oktober 2023 An. Heri Eka siswanta dan Desember 2023 An. Yuli S.Ag., M.H dan Nurhayati Lepang Ama, S.Kom
8. Proses Pendistribusian Satya Lencana Karya pegawai PTA maupun PA se NTT sebanyak 30 pegawai
9. Pelaksanaan Pemilihan Agen Perubahan PTA Kupang Tahun 2023 pada tgl 14 Agustus 2023
10. Proses pengajuan cuti Pegawai PTA dan Ketua, wakil ketua, Hakim PA se NTT bulan Agustus 2023
11. Proses Kenaikan Pangkat Hakim ada 3 yang terrealisasi 2 sudah terbit perteg dan 1 masing tertunda karena alasan terhalang pangkat atasan
12. Proses Kenaikan Pangkat Kepaniteraan ada 4 terrealisasi semuanya dan sudah terbit Pertek An. Safiin Madar, Sudirman Kadir Isu, Adi Danial, Moh. Fauzi Fakhrudin S.
13. Proses Kenaikan Pangkat Kesekretariatan ada 2 terealisasi 1 an. Rizky arya Wicaksono sudah terbit pertek dan SK dan yang pertunda an. Supriadi, SH. Alasan Pencantuman gelar di tolak BKN Pusat.
14. Proses pencantuman gelar ada 3 pegawai an. Saing Ngalim (sudah terbit SK),Toha Maruf dan M. Abrori sedang menunggu verifikasi BKN
15. Proses Pengusulan Promosi dan Mutasi Hakim dan pegawai Wilayah PTA Kupang pada bulan Agustus 2023
16. Proses Surat masuk dan surat Keluar Bagian Kepegawaian
17. Pelaksanan Bimtek Tenaga teknis secara daring yang dilaksanakan oleh Dirjen Badilag tgl 25 Agustus 2023
18. Pelaksanaan Zoom meeting selama bulan agustus sebanyak 12 kegiatan.
Sedangkan untuk target kegiatan kepegawaian dan TI yang akan dilaksanakan pada Bulan September antara lain :
1. Laporan Disiplin Hakim bulan september 2023
2. Rekap absen untuk Pengajuan uang makan dan transportasi hakim bulan September 2023
3. Rekap Absen dan PCK untuk pengajuan Tunjangan Kinerja Bulan Oktober 2023
4. Rekap absen SIKEP Satker Pengadilan Agama se NTT
5. Proses surat masuk dan keluar Bagian Kepegawaian
6. Proses usulan Cuti Pegawai PTA dan Ketua PA Se NTT
7. Persiapan Pelantikan Hakim Tinggi PTA
B. Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga.
1. Membuat Sistem Monitoring Kendaraan Dinas dengan memanfaatkan Google Formulir yang dapat diakses secara online melalui smartphone
2. Penambahan Perlengkapan Tempat tisu dan tempat sabun cair Kamar Mandi Musholla Pria dan Wanita
3. Penggantian lampu lobi belakang, teras depan menggunakan lampu jenis downlight.
4. Pemasangan Instalasi lampu pada taman yang menyorot ke atas gedung dan dua lampu disisi kiri dan kanan gedung bagian depan
5. Penggantian Lantai Keramik yang sebelumnya hanya menggunakan plesteran semen, Penggantian pintu kamar mandi serta Penggantian kloset jongkok dengan kloset duduk
6. Pemasangan keramik pada dinding rumah dinas panitera
7. Melaksanakan kegiatan keprotkolan pimpinan.
8. Kegiatan kantor selama bulan agustus juga telah terpublikasi pada website PTA dan MENPAN RB
9. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama bulan agustus telah dipublish oleh Tim pada akun media sosial Pengadilan Tinggi Agama Kupang
10. Aplikasi perpustkaan dapat diakses melalui laptop/pc atau smartphone pada jaringan lokal melalui alamat : https://s.id/perpustakaanptakupang
Sedangkan untuk target kinerja bagian tata usaha dan rumah tangga Bulan September antara lain :
1. Melakukan rekapitukasi kebutuhan Genset dan Kendaraan Dinas serta Menyusun Perencanaan belanja pemeliharaan kendaraan dinas dan Genset
2. Melakukan reviu SOP untuk Tata Naskah Dinas dan Penyusunan SOP untuk pemeliharaan kendaraan Dinas
3. Mendata dan Menginput Buku perpustakaan ke dalam aplikasi Perpusnas
4. Melakukan monitoring dan evaluasi seluruh kegiatan yang akan maupun telah dilaksanakan
5. Mengumpulkan data dari setiap bagian dan merangkum dalam laporan tindak lanjut hasil pengawasan bidang (HAWASBID).
C. Bagian Keuangan dan Pelaporan.
1. Untuk anggaran DIPA 04 untuk bulan Agustus telah terealisasi anggaran sebesar Rp. 3.270.000 ada selisih realisasi anggaran sebesar Rp. 4.612.792 dari target yang ditetapkan.
2. Untuk anggaran DIPA 01: untuk bulan Agustus Belanja pegawai terealisasi sebesar Rp. 578.055.355 ada anggaran yang tidak terserap sebesar Rp. 8.996.858 dari target yang ditentukan. Penyebab tidak terserap ada hitungan pegawai pindah yang harusnya gajinya sudah dimintakan di PTA kupang tapi dari satker asal masih dimintakan, dan adanya perhitungan uang makan yang lebih karena uang makan direalisasikan berdasarkan jumlah hari masuk kerja pegawai bersangkutan. Untuk Belanja Barang terealisasi Rp. 142.020.996 dari target yang ditentukan jadi ada anggaran yang tidak terserap sebesar Rp. 3.718.
3. RKBM TA 2025 telah dilakukan tahap konsilidasi tingkat banding dengan aplikasi E-Sadewa di Jakarta bersama Biro Perlengkapan pada tgl 21 Agustus 2023
4. Proses Penghapusan baru tahap penelusuran BMN yang masih baik dengan BMN yang telah rusak parah sdh 30%.
5. Temuan sertifikat tanah PN Kupang (sudah) dan PN oelamasi (tanah masih bermasalah).
Kendala yang dihadapi saat ini adalah :
1. Pada saat pengajuan SPM perjadin senilai Rp. 4.180.000 terjadi penolakan oleh KPPN dengan alasan anggaran yang tersedia tidak mencukupi. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan sisa anggaran di aplikasi omspan KPPN dengan aplikasi SAKTI di satker. Penyelesaiannya PTA harus bersurat ke KPPN atas penyesuaian pagu akibat pengembalian belanja di tahun berjalan sehingga pagu yang ada di aplikasi omspan sama dengan pagu yang ada di aplikasi SAKTI.
Target kinerja bagian keuangan dan pelaporan untuk bulan September antara lain :
1. Melaksanakan realisasi anggaran DIPA 01 untuk Belanja Pegawai sebesar Rp. 563.374.000, Belanja Barang sebesar Rp. 173. 829.714
2. Penyusunan RKBMN TA 2025 di aplikasi SIMAN
D. Bagian Rencana Program dan Anggaran.
1. Pelaporan eviden SAKIP pada aplikasi SEMAR Badan Pengawas MA RI
2. Revisi anggaran PTA dan monitoring revisi anggaran pengadilan agama
3. penyusunan Manual Book, Sop dan Juknis penggunaan aplikasi GOVERY
4. Melaksanakan kegiatan evaluasi AKIP PA se-NTT tahun 2022 dimulai tanggal 30 Agustus 2023
5. Monitoring dan rekapitulasi usulan revisi anggaran program nasional DIPA 005.04 TA 2023
6. Menginput pagu alokasi DIPA 005.04 PTA Kupang dan monitoring penyusunan pagu
7. alokasi PA Se-wilayah NTT (3031 Agustus 2023)
8. Pelaporan Kinerja pada Aplikasi Komdanas untuk bulan Juli sudah dimonitoring dan dikerjakan, baik untuk Pengadilan Agama se-NTT maupun PTA Kupang. Berdasarkan Laporan Komdanas, terdapat 3 (tiga satuan kerja yang capaian kinerjanya masih berada dibawah 100% yaitu PA Kalabahi (84,64), PA Maumere (98,32) dan PA Atambua (99,67)
9. Nilai Deviasi Halaman III DIPA PTA Kupang DIPA 01 sampai dengan bulan Agustus masih konsiten pada nilai 100. Nilai Deviasi Halaman III DIPA PTA Kupang DIPA 04 mengalami
10. penurunan pada bulan Agustus karena adanya SPM Perjalanan Dinas yang ditolak, sehingga terdapat Deviasi sebesar 58,52%
11. Telah dilaksanakan monitoring Halaman III DIPA untuk mendukung optimalisasi pencapaian nilai IKPA pada Indikator Deviasi Halaman III DIPA, baik untuk DIPA 01 maupun DIPA 04 PTA dan PA sewilayah NTT.
12. Pelaporan Kinerja pada Aplikasi e-Monev Bappenas untuk bulan Agustus sudah dimonitoring dan dikerjakan, baik Pengadilan Agama se-NTT dan PTA Kupang
13. PTA Kupang berhasil mempertahankan perolehan kategori nilai IKPA “SANGAT BAIK” (>95)
14. Pelaporan Capaian Kinerja sudah dilaksanakan dengan hasil sebagai berikut : 12 Pegawai mendapatkan Capaian Kinerja SANGAT dan BAIK 16 Pegawai mendapatkan Capaian Kinerja BAIK
15. Melakukan sosialisasi Aplikasi SEMAR dan GOVERY kepada satker sewilayah NTT dalam rangka tata cara pelaporan kinerja terhadap Dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam rangka untuk Evaluasi AKIP setiap satuan kerja pada tanggal 14 Agustus 2023
16. Mengikuti Rapat Koordinasi dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya yang diadakan oleh Mahkamah Agung pada tanggal 30 Agustus - 1 September 2023 yang berlangsung di Surabaya
17. Melaksanakan usulan Anggaran Biaya Tambahan (ABT) Pemeliharaan Kantor PTA Kupang TA 2023 dengan membuat TOR dan RAB lalu menginput pada aplikasi e-Iplans untuk diteruskan usulannya ke Eselon I pada tanggal 4 Agustus 2023
18. Telah dilaksanakan monitoring OM-SPAN DIPA 01 dan DIPA 04 bulan Agustus untuk Pengadilan Agama Sewilayah NTT
Sedangkan target kinerja bagian rencana program dan anggaran untuk bulan September antara lain :
1. Menyelesaikan Kegiatan Evaluasi AKIP untuk Tahun 2022 satker diwilayah kerja PTA Kupang
2. Melakukan Monitoring dan Evaluasi terkait Estimasi / Kebutuhan Anggaran Belanja Pegawai satker diwilayah Hukum PTA Kupang untuk bulan Oktober-Desember 2023
3. Melakukan Monitoring dan Evaluasi kegiatan revisi antar satker untuk sewa rumah dinas hakim agar dapat melakukan revisi DIPA satker diwilayah Hukum PTA Kupang
4. Menyelesaikan Laporan Monev Rencana Aksi tahun 2023 untuk Triwulan I dan II sebagai bahan eviden Evalusi AKIP tahun 2023
5. Melakukan Monitoring dan Evaluasi Bulanan serta Penyusunan Laporan Rutin Bulanan
6. Melakukan Monev serta merekap hasil pelaksanaan anggaran satker diwilayah Hukum PTA Kupang
7. Melengkapi Data Dukung RKA Revisi AA untuk PTA Kupang dan Monitoring Data Dukung Satuan Kerja Di Bawahnya
8. Ujian Sertifikasi PBJP Level 1 a/n Prilo Krisnu Pradana
9. Monitoring Rencana Aksi untuk Kegiatan Evaluasi Zona Integritas, Terkhusus Area IV ‘Akuntabilitas Kinerja’
Acara kemudian dilanjutkan lagi dengan pemaparan pelaksanaan kinerja untuk bulan Agustus dan target kinerja Bagian Kepaniteraan antara lain sebagai berikut :
A. Panitera Muda Banding.
1. Telah melaksanakan DDTK Pelaporan dan Monitoring e-Keuangan pada aplikasi Kinsatker
B. Panitera Muda Hukum.
1. Statistik data perkara berdasarkan data RK1, RK2, RK3, dan RK4 bulan Agustus ditayangkan pada Website dan TV Media.
2. Telah dilaksanakan alih media arsip perkara banding untuk tahun 2013 & 2012.
3. Telah melaksankaan penataan surat masuk dan surat keluar: 9 surat masuk berdasarkan buku agenda surat masuk kepaniteraan dan 3 surat keluar berdasarkan buku ekspedisi surat keluar
4. Terlaksananya monitoring dan validasi atas data perkara PTA dan satker bulan Agustus dalam Kinsatker
C. Panitera
1. Telah dilaksanakan pelayanan informasi untuk : 5 pemohon informasi terkait keperkaraan melalui meja informasi di PTSP pada Agustus 2023
2. Telah dilaksanakan Pelaporan keuangan perkara melalui Komdanas dan Pembukuan penerimaan dan pengeluaran keuangan perkara
3. Zoom koordinasi dengan Kepaniteraan Pengadilan Agama sewilayah PTA Kupang terkait monitoring akurasi data perkara rutin yang dilakanakan setiap awal bulan.
4. Rapat monev internal kepaniteraan untuk Bulan sebelumnya
5. Keadaan Rekon Laporan Keuangan Perkara Wilayah PTA Kupang per 5 September 2023 Peringkat ke-1 seIndonesia