17 November 2023
Kupang, 15 November 2023 bertempat di Ruang Aula PTA Kupang telah dilaksanakan acara pembukaan Bimbingan Teknis Kesekretariatan Tahun Anggaran 2023 untuk Pengadilan Agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Kupang degan tema “Peningkatan Kompetensi ASN dalam Pengendalian Intern dan Digitalisasi Keuangan di Lingkungan Pengadilan Agama se-Wilayah Nusa Tenggara Timur”. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang membuka secara langsung acara tersebut. Dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Paniter, Plt. Sekretaris, Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian, dan seluruh peserta yang diundang dari Pengadilan Agama se-wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Kupang. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang mengalungkan secara simbolis kalung tanda pengenal peserta kepada perwakilan peserta sebagai tanda dibukanya acara Bimbingan Teknis Kesekretariatan tahun anggaran 2023.
Setelah acara pembukaan selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan materi yang pertama yaitu “Kebijakan Pengadilan Tinggi Agama Kupang”. Materi tersebut dibawakan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang, YM Bapak Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn dan bertindak sebagai moderator Plt Sekretaris PTA Kupang Bapak Usman Asafah, S.T., M.H. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang menyampaikan tentang kebijakan – kebijakan PTA Kupang pada tahun 2024, salah satunya ketika menghadapi tahun politik. Ketua PTA Kupang menginstruksikan agar tetap menjaga netralitas sebagai seorang Aparatur Sipil Negara dalam menghadapi tahun politik. Pentingnya menjaga netralitas merupakan salah satu bentuk dari penerapan kode etik Aparatur Sipil Negara. Diharapkan seluruh Aparatur Sipil Negara se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Kupang menjaga netralitas ketika menghadapi tahun politik nantinya.
Pada hari kedua Kamis tanggal 16 November 2023 materi Bimbingan Teknis Kesekretariatan 2023 dilanjutkan. Materi yang pertama pada hari itu dibawakan oleh narasumber dari KPPN Kupang Renita Dwi Anggraeni, A.Md.Ak dengan tema materi “Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan “ dan berindak sebagai moderator pada materi tersebut Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Bapak Yuli, S.Ag., M.H. Narasumber merupakan pelaksana pada seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal KPPN Kupang. Materi dengan tema yang sama juga dibawakan secara daring oleh Kepala Sub Bagian Akuntansi Wilayah II Biro Keuangan BUA MA-RI Bapak Nugroho Urip Widodo, S.E., M.M dan Kepala Sub Bagian Pendataan Biro Perlagkapan BUA MA-RI Bapak M. Sam Wiraharja, S.Kom dengan moderator Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bapak Usman Asafah, S.T., M.H.
Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh narasumber dari KPPN Kupang, Pelaksana Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal KPPN Kupang Elsa Amalia, A.Md.Ak dan bertindak sebagai moderator Kepala Bagian Kepegawaian dan Perencanaan Bapak Yuli, S.Ag., M.H. Materi yang dibawakan yaitu “Tata Cara Penginputan Capaian Output”. Yang di mana capaian output merupakan komponen dengan persentase paling besar dalam penentuan nilai IKPA satuan kerja. Kemudian setelah coffee break materi dilanjutkan dengan tema “Digipay, CMS, dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP)”. Materi dibawakan oleh Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal KPPN Kupang Bapak. Edy Suwignyo, S.E., M.M.
Setelah materi telah disampaikan semua, pada pukul 19.00 WITA diadakan acara penutupan Bimtek Kesekretariatan 2023. Acara ditutup secara langsung oleh Wakil Ketua PTA Kupang Bapak Drs. H. Arifin, M.H. Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Bimtek Kesekretariatan dan pelepasan kalung tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta. Acara ditutup dengan sesi foto bersama.