logo

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN TINGGI AGAMA KUPANG

Jln. Perintis Kemerdekaan - Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur
(0380)827611 | : mail.ptakupang@gmail.com
Selamat Datang Di Pengadilan Tinggi Agama Kupang | Terimakasih tidak memberikan tips atau imbalan hadiah berupa uang ataupun barang kepada kami | No. Telpon / Whatsapp Pengaduan dan Informasi +62812-3993-1859 |

RAPAT MONITORING DAN EVALUASI KINERJA BULAN NOVEMBER 2023 PTA KUPANG

12 Desember 2023

https://pta-kupang.go.id//gambar/ptakupang_20231212073758.Jgo.jpg

Dalam rangka menjaga serta meningkatkan kualitas kinerja Pengadilan Tinggi Agama Kupang, pada hari Jumat tanggal 8 Desember 2023 PTA Kupang menyelenggarakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Kinerja untuk bulan November 2023. Rapat dipimpin secara langsung oleh Ketua PTA Kupang YM Bapak Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn. Dalam rapat tersebut diikuti oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Plt. Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional Kepaniteraan dan Kesekretariatan, dan seluruh Pegawai PTA Kupang.

 

Rapat monitoring dan evaluasi diawali dengan pembinaan dari pimpinan PTA Kupang, yaitu dari Ketua dan Wakil Ketua PTA Kupang. Kemudian dilanjutkan penyampaian target dan realisasi kinerja bagian Kepaniteraan bulan November 2023 yang telah dilakukan. Dimulai dari penyampaian dari Panitera Muda Banding PTA Kupang oleh Bapak Husen Ute, S.H.I menyampaikan target dan realisasi bulan November 2023. Ada dua perkara badning yang masuk pada bulan November 2023, yaitu perkara nomor : 08/Pdt.G/2023/PTA.Kp dimohonkan dari PA Ende dan terdaftar pada tanggal 14 November 2023 serta perkara nomor 09/Pdt.G/2023/PTA.Kp dimohonkan oleh PA Labuan Bajo dan terdaftar pada tanggal 16 November 2023. Dalam penyampaian tersebut pada bulan Oktober 2023 disampaikan bahwa penyelesaian perkara banding sudah tepat waktu termasuk diantaranya penerimaan, pemeriksaan, dan penelaahan berkas; registrasi perkara banding; distribusi perkara banding; monitoring. Yang kedua, pengelolaan pemberkasan perkara secara manual maupun digital. Pengelolaan pemberkasan manual sudah dilakukan dan salinan putusan perkara sudah dikirimkan via SIPP banding untuk perkara nomor : 07/Pdt.G/2023/PTA.kp, dan untuk pengelolaan pemberkasan secara digital telah dilakukan dengan pengiriman salinan perkara secara elektronik via SIPP tingkat banding untuk perkara nomor : 09/Pdt.G/2023/PTA.kp. Disertakan juga eviden – eviden pendukung yang ditampilkan dalam slide presentasi.

 

Presentasi dilanjutkan dengan penyampaian dari Panitera Muda Hukum oleh Ibu Dra. Hj. Aisyah Abdurajak, M.H. Dalam presentasi tersebut Panmud Hukum PTA Kupang menyampaikan ada dua perkara yang masuk dan putus pada bulan November 2023 untuk jenis perkara Kewarisan dan Cerai gugat serta satu sisa perkara bulan lalu. Kemudian di Kepaniteraan Muda Hukum telah melaksanakan monitoring, verifikasi, dan validasi atas data perkara PTA Kupang dan satuan kerja di bawah PTA Kupang pada bulan November 2023 pada aplikasi Kinsatker. Pengarsipan berkas juga telah terlakana dan telah dilaksanakan alih media arsip perkara banding untuk tahun 2011. Terdapat 22 surat masuk dan 11 surat keluar berdasarkan agenda surat masuk dan keluar Kepaniteraan. Terakhir, telah dilaksanakan rekap data aplikasi Kinsatker dalam bentuk laporan dan telah melaporkan keuangan perkara pada aplikasi Komdanas.

 

Setelah bagian Kepaniteraan selesai mempresentasikan target dan realisasi kinerja bulan Oktober 2023, kemudian dilanjutkan dengan bagian Kesekretariatan mempresentasikan target dan realisasi bulan Oktober 2023. Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Bapak. Yuli, S.Ag., M.H mempresentasikan target dan realisasi Oktober 2023 untuk Sub Bagian Kepegawaian dan TI serta Sub Bagian Perencanaan dan Anggaran. Realisasi Kinerja untuk Sub Bagian Kepegawaian dan TI bulan Oktober 2023 adalah sebagai berikut 

1.       Laporan disiplin Hakim bulan November 2023 telah dilaporkan.

2.       Rekapitulasi daftar hadir dan pulang bulan November 2023 sudah dilakukan untuk pengajuan uang makan bulan November, tunjangan kinerja bulan Desember bagi pegawai, dan uang transport Hakim bulan Desember 2023.

3.       Penginputan rekapitulasi Penilaian Capaian Kinerja Pegawai bulan November 2023 untuk pengajuan tunjangan kinerja.

4.       Rekap presensi aplikasi Sikep PA se NTT bulan November telah dilakukan.

5.       Update SK pada bulan November 2023.

6.       Proses pengajuan cuti pegawai PTA dan Ketua PA se NTT.

7.       Pelaksanaan seleksi CPNS dan Calon Hakim

8.       Pelaksanaan Bimtek Tenaga Teknis secara daring pada tanggal 9 dan 27 November 2023

9.       Pelaksanaan Bimtek Kesekretariatan pada tanggal 15 – 17 November 2023

10.   Pelaksanaan Upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023.

11.   Pendistribusian Karis untuk dua pegawai PTA Kupang

12.   Pemberitahuan usul kenaikan pangkat Hakim periode 2024 ke Badilag

13.   Proses surat masuk dan keluar bagian Kepegawaian.

14.   Zoom meeting 15 kegiatan di bulan November

15.   Pembuatan video kegiatan sebanyak empat kegiatan.

16.   Membantu Hakim monitoring CCTV bulan November 2023.

17.   Publikasi media sosial PTA Kupang.

18.   Permintaan layanan TI sebanyak 38 kegiatan.

Kemudian untuk realisasi kinerja Sub Bagian Rencana dan Anggaran adalah sebagai berikut :

1.       Melaksanakan revisi DIPA dan POK PTA Kupang untuk DIPA 01 dan 04.

2.       Monitoring dan evaluasi revisi anggaran PA se wilayah PTA Kupang.

3.       Menyusun laporan pelaksanaan anggaran PA se NTT.

4.       Monitoring dan evaluasi nilai deviasi satker

5.       Monitoring dan evaluasi IKPA satuan kerja.

6.       Telah dibuat LHE AKIP untuk 14 satuan kerrja dan telah dikirim secara softfile dan fisik ke  BAWAS MA RI

7.       Monev revisi antar satker untuk akun belanja pegawai (51).

8.       Monitoring revisi pusat.

9.       Pelaporan kinerja aplikasi e-sakip Komdanas PTA dan PA se NTT.

10.   Pelaporan kinerja pada aplikasi e-monev Bappenas PTA dan PA se NTT.

11.   Monitoring dan evaluasi halaman III DIPA.

12.   Memeriksa laporan hibah pada aplikasi e-IPLANS PA Atambua.

13.   Monev usulan Baseline TA 2025 DIPA 01 dan 04.

14.   Penialaian PIPK belanja pemeliharaan gedung dan persediaan PTA Kupang.

Presentasi kemudian dilanjutkan oleh Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bapak. Usman Asafah, S.T., M.H yang akan menyampaikan target dan realisasi kinerja bulan Oktober 2023 Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga serta Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan. Untuk realisai kinerja Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga adalah sebagai berikut :

1.       Mendampingi pimpinan dan protokoler dalam acara bulan inklusi keuangan, wisuda Univ. Muhammadiyah Kupang, penjemputan dan pendampingan Kepala Biro Humas MA-RI, dan pertemuan tahunan Bank Indonesia.

2.       Memperbaiki masalah pada CCTV ruang Kepaniteraan dan Kepegawaian

3.       Instalasi jaringan dan kelistrikan CCTV pada lobby belakang

4.       Mengatur ulang aksesibiitas user CCTV online

5.       Telah menginput surat masuk dan keluar berserta arsip dan diunggah pada aplikasi SITP

6.       Mengecat rumah dinas Sekretaris.

Kemudian untuk realisasi Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan sebagai berikut :

1.       Anggaran

·         Realisasi belanja pegawai Rp 681.275.456

·         Realiasai belanja barang Rp 214.763.204

·         Nilai IKPA bulan oktober 99,17

2.       Barang Milik Negara

·         Progres penghapusan BMN : pengklasifikasian jenis barang dan penaksiran harga barang yang akan dihapus dan telah diajukan persetujuan penjualan BMN ke Biro Perlengkapan MA RI melalui e-sadewa

·         Penatausahaan BMN berupa verifikasi usulan pengasuransian BMN pada aplikasi e-sadewa sebanyak 41 satker

3.       Pelaporan

·         Sebagai tim penerap telah menyiapkan data dukung pada tautan yang sudah ditentukan MA RI

·         Sebagai tim penilai PIPK tingkat wilayah telah mengadakan penilaian terhadap satker PA Kupang sebagai sampling penilaian dan dikirim pada link yang telah ditentukan

·         Laporan keuangan pelaksanaan Bimtek telah dibuat dan dikirim ke biro perencanaan MA RI




Berita Lainnya

MELANGKAH TUK WUJUDKAN LAYANAN PERADILAN TERINTEGRASI: PENGADILAN TINGGI AGAMA KUPANG JAJAKI KESEPAHAMAN PELAYANAN TERINTEGRASI DALAM PENANGANAN PERMOHONAN DISPENSASI KAWIN DENGAN DINAS KESEHATAN PROVINSI NTT
14 Februari 2025 dibaca : 15 kali
MENGAWALI BULAN FEBRUARI 2025, PTA KUPANG LAKSANAKAN RAPAT MONITORING DAN EVALUASI KINERJA BULAN JANUARI 2025
11 Februari 2025 dibaca : 25 kali
PTA KUPANG SELAKU KOORDINATOR WILAYAH NTT RAIH PENGHARGAAN KOORDINATOR WILAYAH TERBAIK III KATEGORI SATUAN KERJA JUMLAH SEDANG
10 Februari 2025 dibaca : 26 kali
IKATAN HAKIM INDONESIA (IKAHI) DAERAH NTT GELAR BAKTI SOSIAL OPERASI KATARAK, PTERYGIUM, DAN HERNIA SECARA GRATIS BAGI MASYARAKAT NTT
9 Februari 2025 dibaca : 76 kali
GELAR DISKUSI KOLABORATIF, KOMITMEN SEMPURNAKAN DAFTAR INVENTARIS MASALAH
5 Februari 2025 dibaca : 36 kali
MEMBANGUN SINERGITAS DAN KOLABORATIF YANG SOLID UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN TERPADU KEPADA MASYARAKAT
5 Februari 2025 dibaca : 41 kali
PTA KUPANG SELAKU KOORDINATOR WILAYAH GLP DAN ASET MENGHADIRI KEGIATAN KONSOLIDASI DAN AKURASI DATA DIPA 005.03, 005.04, 005.05 LAPORAN KEUANGAN SEMESTER II TAHUN 2024
22 Januari 2025 dibaca : 29 kali
KONSOLIDASI LAPORAN KEUANGAN DAN LAPORAN BMN SEMESTER II TAHUN 2024 SE-WILAYAH NUSA TENGGARA TIMUR
21 Januari 2025 dibaca : 44 kali
SOSIALISASI PEMBARUAN APLIKASI SIPP TINGKAT PERTAMA DARI VERSI 5.6.4 MENJADI VERSI 5.6.5, PEMBARUAN SIPP TINGKAT BANDING DARI VERSI 4.1.1 MENJADI VERSI 5.0.0 DAN APLIKASI E-BERPADU DARI VERSI 3.0.0 VERSI 4.0.0
23 Januari 2025 dibaca : 61 kali
RAPAT KOORDINASI PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA KUPANG
20 Januari 2025 dibaca : 33 kali
Bertanya ke petugas PTSP