logo

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN TINGGI AGAMA KUPANG

Jln. Perintis Kemerdekaan - Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur
(0380)827611 | : ptakupang@yahoo.co.id
Selamat Datang Di Pengadilan Tinggi Agama Kupang | Terimakasih tidak memberikan tips atau imbalan hadiah berupa uang ataupun barang kepada kami | No. Telpon / Whatsapp Pengaduan dan Informasi +62812-3993-1859 |

PENYEMBELIHAN HEWAN URBAN PENGADILAN TINGGI AGAMA KUPANG

12 Juli 2022

https://pta-kupang.go.id//gambar/ptakupang_20220713020333.9Zk.jpeg

Humas - Kupang: Penyembelihan Hewan Qurban diadakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Kupang dalam rangka merayakan Idul Adha. Acara dilaksanakan pada Selasa Pagi, pukul 6 pagi di Rumah Dinas Ketua dan Wakil PTA Kupang di Penfui oleh civitas setempat. (12/07/2022)

Tema kali ini adalah "Dengan Ibadah Qurban Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial". Pengadilan Tinggi Agama Kupang pada Hari Raya Idul Adha tahun 1443 H melaksanakan ibadah qurban total sebanyak 11 ekor sapi dan 2 ekor kambing, dengan pendistribusian  sebagai berikut : 

  • 5 ekor sapi didistribusikan ke pulau Kera 1 ekor sapi,  Masjid Al-Ikhlas Bajawa 1 ekor sapi, Masjid Al-Ikhlas Oemofa 1 ekor sapi, Kerukunan Keluarga Bima-Dompu 1 ekor sapi dan Mushalla At-Taubah 1 ekor sapi.
  • 6 ekor sapi dan 2 ekor kambing didistribusikan untuk peserta qurban dan yang berhak menerimanya di wilayah Kupang.

Penyembelihan Sapi menggunakan alat bantu demi efektifnya proses. Petugas kesehatan memeriksa kelayakan daging Sapi dan Kambing berdasarkan pemeriksaan hati. Sebagian kecil daging disisihkan untuk dimasak dan dimakan bersama ditempat yang sebelumnya telah disepakati oleh peserta Qurban.

Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah. Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان).

Qurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Ibadah Qurban disyariatkan Allah untuk mengenang Sejarah Idul Adha sendiri yang dialami oleh Nabi Ibrahim as dan sebagai suatu upaya untuk memberikan kemudahan pada hari Id, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw, “Hari-hari itu tidak lain adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla.” Diharapkan ibadah Qurban ini dapat meningkatkan kepedulian sosial dan keharmonisan dalam bermasyarakat.



Bertanya ke petugas PTSP