PTA KUPANG LAKSANAKAN PEMBINAAN CPNS SECARA VIRTUAL

gambar/Pembinaan CPNS PA SE-NTT.jpg

16 Februari 2021

 

Bertempat di ruang Command Center Pengadilan Tinggi Agama Kupang, Selasa 16 Februari 2021  Ketua PTA Kupang, Hj. Sisva Yetti didampingi Wakil Ketua (H. Achmad Hanifah),  Panitera  (Hj. Umi Salamah Tatroman), dan Sekretaris (Hendra Surya) melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil sewilayah PTA Kupang secara virtual. Kegiatan pembinaan dilaksanakan sebagai orientasi awal bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang seluruhnya mulai bertugas di satuan kerja Pengadilan Agama sewilayah NTT sejak 1 Februari 2021. Kegiatan pembinaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI. Dan untuk lebih menggugah semangat para CPNS, Hj. Sisva Yetti meminta agar dilakukan juga pengucapan 8 nilai utama Mahkamah Agung RI.

 

Membuka pembinaannya, Hj. Sisva Yetti memperkenalkan dirinya juga memperkenalkan Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris yang mendampingi beliau. Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh CPNS yang  terpilih untuk menjadi bagian dari keluarga besar Mahkamah Agung. Lebih lanjut beliau mengatakan, jangan merasa resah dan takut ditempatkan di NTT, karena NTT adalah Propinsi dengan tujuan wisata yang sangat indah serta didukung dengan keramahan masyarakatnya sehingga siapapun yang bertugas di NTT akan merasa betah dan nyaman. Selanjutnya beliau meminta kepada masing-masing CPNS untuk memperkenalkan dirinya secara singkat.

 

Hj. Sisva Yetti mengatakan, CPNS yang ada di NTT saat ini merupakan putra-putra terbaik yang dipilih dari sekian ribu orang untuk memajukan Mahkamah Agung. Oleh karena itu beliau berpesan agar selalu meningkatkan iman dan takwa serta senantiasa beramal sholeh karena komitmen dan integritas yang tinggi, kinerja yang mumpuni, maupun pengetahuan yang luas akan menjadi sia-sia jika tidak didukung oleh akhlak yang baik. Beliau menegaskan kepada seluruh CPNS agar selalu menjaga integritas serta kinerja, menjauhi segala perbuatan yang bersentuhan dengan KKN dan gratifikasi, dan selalu menjaga nama baik badan peradilan.              Hj. Sisva Yetti meminta seluruh CPNS yang merupakan tenaga muda dan terampil sesuai dengan kompetensinya, untuk memberikan sumbangan tenaga dan pikiran secara maksimal demi kemajuan satuan kerjanya dan selalu meningkatkan komunikasi dan dengan atasan serta rekan kerja. Tidak lupa, Hj. Sisva Yetti berpesan bahwa sebagai CPNS yang nantinya jika memenuhi syarat akan diangkat sebagai PNS, terdapat berbagai aturan mengenai disiplin juga peraturan-peraturan khusus tentang Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya yang harus diketahui. Oleh karena itu, beliau meminta agar CPNS meluangkan waktu untuk mempelajari semua aturan tersebut sehingga nantinya dalam melaksanakan tugas, sudah tahu tentang hak dan kewajiban sebagai PNS utamanya di lingkungan Mahkamah Agung.

 

Selaras dengan apa yang disampaikan Hj. Sisva Yetti, Wakil Ketua PTA bapak H. Achmad Hanifah menyampaikan bahwa CPNS Mahkamah Agung harus menjadi manusia yang berintegritas serta berakhlak mulia. Mahkamah Agung telah mengembangakan sistem pengawasan terhadap aparaturnya, oleh karena itu jaga integritas dan performance baik dalam melaksanakan tugas maupun dalam bermasyarakat. Teruslah berusaha agar selalu melaksanakan tugas dengan baik, memiliki rasa disiplin yang tinggi  serta memiliki keinginanan untuk belajar dan menambah wawasan terkait tupoksinya nanti. CPNS senantiasa harus memiliki sifat terbuka serta mudah beradaptasi sehingga bisa nyaman berada di lingkungan manapun. H. Achmad Hanifah lebih menekankan masalah terkait pengawasan terhadap tingkah laku PNS dan penerapan disiplin PNS. Menutup pembinaannya, beliau berpesan agar pertama-tama baca dan pahami PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS agar setelah menjalani masa menjadi CPNS dan diangkat menjadi PNS penuh, sudah memahami dengan jelas aturan-aturan serta batasan-batasan yang diatur pemerintah dalam mendisiplinkan PNS.

 

 

 



Berita Terbaru Lainnya :