PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-76 MAHKAMAH AGUNG RI

gambar/WhatsApp Image 2021-08-19 at 16.37.35.jpeg

19 Agustus 2021

Kupang - Humas PTA Kupang: Hari ini (19/8/21), Mahkamah Agung memasuki usia ke-76. Dalam rangka merayakan hari jadinya, Mahkamah Agung menyelenggarakan upacara bendera di halaman gedung Mahkamah Agung pada pukul 08.00 WIB. Seluruh aparat peradilan baik peradilan umum, peradilan agama, peradilan tata usaha negara dan peradilan militer mengikuti upacara peringatan HUT Mahkamah Agung ke-76 secara daring melalui link yang telah dibagikan termasuk aparatur di Pengadilan Tinggi Agama Kupang.  Peringatan Hari Ulang Tahun ini terasa berbeda namun tetap meriah. Upacara dimulai tepat pukul 09.00 WITA diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Tinggi Agama Kupang.

Penghormatan

Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. Biasanya, Upacara upacara diikuti langsung oleh seluruh pimpinan, Hakim Agung, Hakim Ad-Hoc, Pejabat Eselon 1-4, Pejabat Fungsional, dan seluruh pegawai. Namun, kali ini, untuk kedua kalinya di masa pandemi ini upacara hanya diikuti oleh jajaran Pimpinan dan Pejabat Eselon 1, sedangkan yang lainnya termasuk para insan peradilan di seluruh Indonesia mengikuti upacara secara virtual.

Tahun ini, Mahkamah Agung mengambil tema “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi”. Tema tersebut, menurut Prof. Syarifuddin dalam pidatonya, mengisyaratkan tentang pentingnya aspek kemandirian dalam proses penyelenggaraan peradilan, karena dalam menegakkan keadilan, kemandirianlah yang menjadi jantungnya, sekaligus juga sebagai detak nadinya.

Kemandirian, lanjut Prof. Syarifuddin bukan saja harus dijaga dengan baik, melainkan juga harus dijunjung  tinggi  sebagai  marwah  dan  kehormatan lembaga peradilan. Karena,  tanpa dibekali dengan kemandirian, mustahil keadilan dapat terwujud dan proses penegakan hukum akan kehilangan ruhnya, sehingga pada akhirnya lembaga  peradilan hanya akan menjadi alat pemuas bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

Dalam pidatonya, Prof. Syarifuddin berharap bahwa sesulit apapun kondisi yang kita alami saat ini, jangan sekali-kali menyurutkan tekad untuk tetap berbuat yang terbaik dan terus melakukan perubahan yang positif, karena tidak ada kemajuan dan kesuksesan yang bisa dicapai tanpa diawali dengan sebuah perubahan. “Mulailah dengan perubahan yang kecil untuk mewujudkan sebuah cita-cita yang besar,” begitu pesan Prof. Syarifuddin.

Kegiatan upacara peringatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian anugerah Mahkamah Agung terhadap badan peradilan di bawahnya dengan beberapa kategori dan menjadi sebuah kebanggaan  bagi seluruh warga Peradilan Agama di Nusa Tenggara Timur karena 5 Pengadilan Agama di wilayah Nusa Tenggara Timur yaitu Pengadilan Agama Kupang kelas IB, Pengadilan Agama Soe Kelas II, Pengadilan Agama Kefamenanu Kelas II, Pengadilan Agama Atambua Kelas II, dan Pengadilan Agama Labuan Bajo Kelas II masuk dalam 10 besar penerima  anugerah  peradilan kategori Pelaksanaan Peradilan Elektronik. PTA Kupang juga masuk dalam urutan kedelapan dalam kategori Pelaksanaan Fungsi Pembinaan oleh Pengadilan Tinggi Dalam Rangka Implementasi Peradilan Elektronik, Gugatan Sederhana dan Mediasi di Pengadilan. Masih dalam rangka dalam rangka HUT Mahkamah Agung ke 76 Tahun, dilaksanakan pemutaran film “Pesan Bermakna” yang diaptasi dari buku catatan Dibalik Toga Merah Karya D.Y. Witanto Asisten Ketua Mahkamah Agung RI.

Ketua  PTA Memberi Piagam Satya Lancana Karya Satya Ketua  PTA dan Sekretaris bersama Penerima Piagam Satya Lancana Karya Satya 

          Upacara yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ini merupakan rangkaian awal dari seluruh rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung yang ke-76. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, walaupun dalam masa pandemi covid-19, PTA Kupang tetap melaksanakan pemotongan tumpeng Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI dan penyerahan tanda penghargaan Satya Lancana kepada pegawai PTA Kupang sebanyak 4 (empat) orang yaitu Drs. Kh. Taufiqurrohman, S.H., M.H. (Satya Lancana Karya Satya XX Tahun), Nurhayati Lepang Ama, S.Kom (Satya Lancana Karya Satya X Tahun), Yulianto, S.Kom (Satya Lancana Karya Satya X Tahun), dan Achmad Horsan, S.Kom (Satya Lancana Karya Satya X Tahun). 

Ketua PTA bersama Pegawai Tertua dan Termuda

 Selamat ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa merahmati dan melindungi.



Berita Terbaru Lainnya :